-속보- 5월 6일부터 17일까지 전국 교통망 전면 운행 금지 발표

육상 해상 항공 전면 운행 금지령…예외규정 공무수행만 가능
2020년 PSBB보다 더 강력한 초유의 전국 운행 금지 조치
(한인포스트) 정부는 2021년 5월 6일부터 17일까지 르바란 휴가기간 인도네시아 전국 모든 교통 수단의 운행을 공식적으로 금지했다.
이 규정은 3월 31일자 교통부를 중심으로 조정부 장관령(Surat Menko PMK no S-21)으로 명시된 정부 발행 귀향(mudik) 금지령에 따른다.
전국 교통망 운행 금지는 육상, 해상, 항공 및 철도 운송 모든 교통망에 적용된다. 하지만 운행 금지대상이 면제되거나 여행이 허용되는 일부 차량은 2020년 PSBB(대규모 사회적활동제한령)과 유사하지만 더 강력한 초유의 전국 운행 금지 조치로 보인다.
아이르랑가 경제조정부 장관과 교통부 장관 부디 카르야 수마디 교통부 장관의 발표에 이어서 육상, 해상, 항공, 기차 운송 국장 4명이 4월 8일 저녁 늦게 발표한 세부 사항을 요약하면 다음과 같다.
*육상교통 Transportasi Darat
교통부 육상운송 국장 Budi Setiyadi는 육상 운송 금지가 모든 공공 및 개인 차량에 적용된다고 설명했다. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menerangkan, larangan pada moda transportasi darat berlaku untuk kendaraan umum dan perseorangan.
Budi 국장은 COVID-19 태스크 포스 기자회견에서 ” 첫째, 운행 금지되는 것은 버스와 승용차 유형의 공용 차량이다. 둘째, 승용차, 버스 및 오토바이 등 운송 수단 적용은 강, 호수 및 페리 운송 선박이 있는 개별 차량도 포함된다”고 4월 8일 저녁늦게 긴급 발표했다.
당국은 육상교통 운행차단을 위해 300여 검문소를 설치할 계획이다.
하지만 운행 금지 기간 동안 여전히 운행할 수있는 차량이 많이 있다.
1. 정부 고위차량(Kendaraan pimpinan tinggi lembaga RI)
2. 군경 (TNI 및 Polri) 작전 차량(Kendaraan dinas operasional berpelat dinas TNI dan juga Polri)
3. 고속도로 운영 서비스 차량(Kendaraan dinas operasional petugas jalan tol)
4. 소방 차량, 구급차 및 장례차량(Kendaraan pemadam kebakaran, ambulan, dan mobil jenazah)
5. 승객이 없는 화물차(Mobil barang dengan tidak membawa penumpang)
6. 응급 의료 서비스, 임산부를 직계 가족(2인)이 운행하는 차량 (Kendaraan yang digunakan pelayanan kesehatan darurat, ibu hamil dan anggota keluarga intinya juga akan mendampingi )
7. 인도네시아 이주 귀환 노동자 송환 규정에 따른 해당지역으로 귀향하는 차량( Kendaraan yang mengangkut repatriasi pekerja migran Indonesia, WNI, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku)
르바란 명철(Lebaran) 귀향 기간 동안 운행 금지 대상에서 제외되는 페리 운송 차량도 있다. Untuk kendaraan di angkutan penyeberangan juga ada yang dikecualikan dari larangan pada periode mudik Lebaran tersebut, antara lain:
1. 물류 또는 기초 생필품을 운반하는 차량(Kendaraan pengangkut logistik atau barang kebutuhan pokok)
2. 의약품 및 의료 기기를 운반하는 차량(Kendaraan pengangkut obat-obatan dan alat kesehatan)
3. COVID-19 운영 책임자 및 처리 책임자 운행차량(Kendaraan pengangkut petugas operasional dan petugas penanganan COVID-19)
4. 소방차, 구급차 및 영구차(Kendaraan pengangkut pemadam kebakaran, ambulan, dan mobil jenazah)
귀향차단 전면 교통운행 금지
귀향차단 전면 교통운행 금지
*해상 운송 Transportasi Laut
교통부 해상 운송 사무국은 해상 운송 금지를 감독하기 위해 2021 르바란 연휴 15일 전부터 15일 이후(D-15~ D + 15 Lebaran 2021) 기간에 51 개 검문소를 설치한다고 발표했다.
교통부 해상 운송 사무국 Kemenhub Agus H Purnomo 국장은 “이것은 2021년 5월 6일부터 17일까지 르바란 휴가 17일전부터 연휴 3일이후까지 지원하기 위한 것이다. 따라서 우리는 검문소를 구축하고 선박을 점검 할 것이다. 우리는 어떤 준비도 다할 것이라는 것이다”고 말했다
운항 금지 대상에서 제외되는 선박은 다음과 같다. Adapun kapal yang dikecualikan dalam larangan tersebut antara lain:
1. 인도네시아 이주 근로자 귀환하는 여객선. Kapal penumpang yang melayani pemulangan tenaga kerja Indonesia, pekerja migran Indonesia, dan/atau WNI yang terlantar dari pelabuhan negara perbatasan.
2. 외국 기업이 운항하는 상업용 선박 / 유람선에서 일하는 인도네시아 국민의 송환을 위한 여객선. Kapal penumpang yang melayani pemulangan anak buah kapal WNI yang bekerja di kapal niaga/kapal pesiar yang dioperasikan perusahaan asing.
3. 해당 지역 내의 섬 또는 항구간에 배송을 위한 정기 운송 여객선. Kapal penumpang yang melayani transportasi rutin untuk pelayaran lokasi terbatas dalam satu kecamatan, satu kabupaten, atau satu provinsi dengan ketentuan dan persyaratan pelayaran dilakukan antarpulau atau pelabuhan dalam wilayah tersebut.
4. 군인과 경찰 업무 수행과 의료진 운송 여객선 Kapal penumpang yang melayani transportasi antar pulau khusus bagi TNI, Polri, ASN, dan tenaga medis yang sedang dalam melaksanakan tugas;
5. 저개발, 외곽 및 국경 지역에서 여객선 Kapal penumpang yang melayani transportasi rutin untuk pelayaran di daerah Perintis dan daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan; dan
6. 여객선 운행허가조건. 기초 생필품 운행, 의약품 및 의료 기기를 제공하는 화물선이 부족하여 물류 상품을 대행운행하는 경우 Kapal penumpang dapat diizinkan beroperasi untuk mengangkut barang logistik yang meliputi barang pokok dan penting, obat-obatan dan peralatan medis, dan barang esensial lainnya yang dibutuhkan daerah dalam hal jumlah kapal kargo yang melayani suatu daerah jumlahnya tidak mencukupi.
*항공 운송 Transportasi Udara
Novie Riyanto 교통부 항공 운송 국장은 항공 운항 금지도 상업 및 비상업적 항공 운송도 금지 기간 동안 운행 할 수 없다고 설명했다.
Novie 항공 운송 국장은 “항공 운항에 대한 일시적인 금지는 상업 및 비상업적 항공 운항에 적용된다”라고 말했다.
하지만 항공 운항에 대한 예외 사항은 다음과 같다. Adapun pengecualian pada moda transportasi udara antara lain
1. 정부 고위 기관장 및 국빈 Pimpinan lembaga tinggi negara RI dan tamu kenegaraan.
2. 외국 대사관, 영사관 및 인도네시아 국제기구 대표 Operasional kedutaan besar, konsulat jenderal, dan konsulat asing serta perwakilan organisasi internasional di indonesia;
3. 인도네시아 시민과 외국인 송환을 수행하는 특별기 (송환 비행) Operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriasi flight) yang melakukan pemulangan warga negara indonesia maupun warga negara asing
4. 법 집행, 명령 및 긴급 공공 서비스 및 화물 운송 업무 Operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat; Operasional angkutan kargo;
5. 특수 항공 운송 Operasional angkutan udara perintis;
6. 민간 항공 국장의 허가를받은 기타 작전수행 Operasional lainnya dengan seizin dari Dirjen Perhubungan Udara.
*기차 Kereta Api
2021 년 5 월 6 일부터 17 일까지 철도 여행 (KA- Kereta Api)도 금지된다. 그러나 다음과 같은 철도 여행에는 예외가 있다.
1.승객이 없는 화물 운송을 위한 지역간 열차운행 KA antarkota untuk angkutan barang dengan ketentuan tidak ada pengurangan subjek dan pembatasan supply.
2. Jabodetabek, Rangkas, Bandung 밀집 지역 및 Surabaya 밀집 지역 내에서 승객 수송을 위한 도시 열차 여행. 단 발권을 통해 탑승객 제한한다. Perjalanan KA perkotaan untuk angkutan penumpang dalam wilayah aglomerasi Jabodetabek, Rangkas, Bandung Raya, dan kawasan aglomerasi Surabaya dengan ketentuan pembatasan load factor penumpang melalui ticketing.
 <한인포스트 사회부> 기사인용시 출처를 게재 바랍니다.

제보는 카카오톡 haninpost 무단 전재-재배포 <금지>