Organisasi Tenaga Kerja Indonesia Bentuk Jaringan Kerja sama

c9fbe93ef13709155873ee2034e938bb_meznKVigWUUqeJSq1<Acara pembentukan jaringan kerjasama  untuk bantuan imigrasi tenagakerja Indonesia>

Untuk membantu tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berangkat ke Korea Kedutaan Besar Korea, BNP2TKI, maskapai penerbangan, bank, dan lainnya membentuk sebuah jaringan kerjasama.

Jaringana kerjasama ini pihak dari Kedubes Korea, khususnya bagian kepengurusan visa, EPS-HRD Korea, BNP2TKI, Korean air dan Asiana serta  Bank KEB Hana.

Karena ketekunan dan ketulusan para pekerja Indonesia, akhir-akhir ini terjadi lonjakan permintaan TKI oleh perusahaan Korea.

Pada tahun 2013 lalu dari 15 negara yang mengirimkan tenaga kerja ke Korea, Indonesia berada diperingkat pertama dengan pengiriman TKI sebanyak 9.387 orang.  Sedangakn pada tahun 2012 Indonesia berada diperingkat ke tiga dengan jumlah pengiriman TKI sebanyak 6.254 orang. Tahun ini pun pengiriman  TKI ke Korea terus meningkat.

Pertengahan Maret, selama kurang lebih 6 minggu diperkirakan 3000 orang  yang akan memasuki Korea.
Ketua EPS-HRD Korea, Min Kyeong-il, menuturkan “Dengan pembentukan kelompok jaringan kerja sama ini, proses pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Korea akan lebih cepat dan tingkat kepuasan pengusaha Korea pun akan meningkat.

Melalui jaringan kerjasama ini semakin banyak TKI yang bekerja di Korea.